Powered by Blogger.
RSS

welcome


widgets

MARI BELAJAR SAINS

JUDUL BUKU                        : SENANG MENCOBA SAINS
PENGARANG                      : KIKI
PENERBIT                             : GALERI LONTARA
TAHUN TERBIT                    : 2008
TEMPAT TERBIT                 : MAKASSAR
TEBAL BUKU                        : vii + 52 Halaman
GAMBAR SAMPUL               : TUMBUHAN dan HEWAN

Buku “Senang Mencoba Sains” terdiri dari 11 jilid. Buku ini berisi percobaan-percobaan sederhana yang memberikan jawaban ilmiah atas berbagai kebenaran yang menakjubkan. Alat dan bahan yang digunakan pada percobaan-percobaan dalam buku ini memanfaatkan benda-benda yang ada di sekitar kita.
Selain berisi percobaan sederhana, buku ini juga memberikan info sains yang dapat memperluas pengetahuan dalam bidang sains. Dilngkapi dengan gambar-gambar menarik untuk menambah minat dalam membaca buku ini.
Makhluk hidup terdiri atas manusia, hewan, dan tumbuhan. Makhluk hidup dapat digolongkan berdasarkan tempat hidup dan jenis makanannya. Misalnya, ketela rambat adalah tanaman yang berkembang biak dengan umbi batang.

Semua makhluk hidup memerlukan air. Hewan dan tumbuhan akan mati tanpa air.
Rumah kaca adalah sebuah bangunan yang digunakan untuk memelihara dan melestarikan jenis tanaman. Umur tanaman dapat ditentukan dengan cara melihat diameter tanaman itu sendiri.
Air laut mengalami penguapan. Uap air itu menjadi awan kemudian turun sebagai hujan.
Setiap makhluk hidup memerlukan energi untuk untuk tumbuh dan bergerak.
Lemon yang utuh jika dimasukkan ke dalam air akan mengapung karena kulit lemon tahan air. Sifat kulit lemon ini berfungsi untuk melindungi lemon dari cuaca.
Balon yang ditiup dapat membesar karena di dalam balon terdapat gas.
Tomat dan mentimun sering dianggap sayuran. Sebenarnya, tomat dan mentimun termasuk buah. Sebagian besar buah memiliki biji.
Tanah merupakan bagian penting bagi tanaman. Tanah mengandung zat hara atau mineral yang berguna untuk pertumbuhan tanaman.
Semua makhluk hidup memerlukan udara untuk bernapas.
Bagian bunga terdiri dari tangkai bunga, kelopak bunga, mahkota bunga, dan putik atau benang sari. Setiap ba-gian bunga memiliki fungsi masing-masing. Bunga memiliki warna, bau dan bentuk yang bermacam-macam. Kita dapat memanfaatkan bunga dan daun ini untuk hiasan.
Daun adalah bagian tumbuhan yang umumnya berwarna hijau dan memiliki banyak bentuk. Tumbuhan tidak memiliki bagian seperti tubuh manusia, namun bagian-bagian tumbuhan yang penting adalah akar, batang, dan daun.
Manusia memiliki lima alat indra, yaitu mata, hidung, telinga, lidah, dan kulit. Kita dapat mengenali pohon dengan indra penglihatan dan perabaan.
Pupuk kompos dibuat dari sampah organik di sekitar kita.
Kita dapat memanfaatkan bagian-bagian tumbuhan sebagai bahan makanan. Bagian-bagian yang dapat diman-faatkan antara lain batang, bunga, daun, akar, dan buah. Tumbuhan dapat berkembang biak untuk melestarikan jenisnya agar tidak punah.
Buku ini memiliki kelebihan antara lain isinya bagus, bahasanya menarik, menggunakan gambar-gambar berwarna untuk memperjelas isi, menggunakan kertas yang berkualitas, dan menyajikan contoh-contoh percobaan. Namun, ada pula kekurangannya antara lain susunannya kurang sistematis dan antara bagian yang satu dengan bagian yang lain kurang berkaitan.
Berdasarkan penilaian di atas buku ini layak dan baik untuk dibaca.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment